Perbandingan Prestasi Akademik Mahasiswa Kader Muhammadiyah Dan Mahasiswa Reguler (Studi Kasus Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010)

, Sutiman and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. and , Dr. Imron Rosyadi, M.Ag. (2014) Perbandingan Prestasi Akademik Mahasiswa Kader Muhammadiyah Dan Mahasiswa Reguler (Studi Kasus Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (343kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bba IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (859kB)

Abstract

Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa kader Muhammadiyah diharapkan dapat menjadi mahasiswa unggulan dan berperan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang berorientasi pada Persyarikatan Muhammadiyah (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan) (MoU Beasiswa Kader Muhamadiyah point lima dan enam). Berpijak pada hal di atas, peneliti tertarik untuk meneliti tentang perbandingan prestasi akademik dan faktor-faktor yang mempengaruhi antara mahasiswa yang menerima beasiswa kader Muhammadiyah non- shobron (mahasiswa kader Muhammadiyah) dan mahasiswa yang tidak menerima beasiswa (mahasiswa reguler). Tolok ukur prestasi akademik tersebut dilihat dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada semester satu hingga semester enam. Penerima beasiswa idealnya mampu meraih prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan bukan penerima beasiswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) apakah terdapat perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa kader Muhammadiyah dan mahasiswa reguler?, dan (2) apa faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa kader Muhammadiyah dan mahasiswa reguler? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengungkap ada atau tidaknya perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa kader Muhammadiyah dan mahasiswa reguler, dan (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi ada atau tidaknya perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa kader Muhammadiyah dan mahasiswa reguler. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian komparatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode angket, dan metode observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik t-tes dan persentase. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan signifikan antara prestasi akademik mahasiswa kader Muhammadiyah dengan mahasiswa reguler, hal tersebut berdasarkan perhitungan yang diperoleh thitung −0,4582 lebih kecil daripada ttabel yaitu 2,0685; dan (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi tidak adanya perbedaan prestasi akademik adalah sebagai berikut; (a) faktor minat, terdapat selisih persentase sebesar 2,40%; (b) faktor bakat, terdapat selisih presentase sebesar 4,45%; (c) faktor motivasi, terdapat selisih presentase sebesar 2,67%; (d) faktor keadaan ekonomi keluarga, terdapat selisih presentase sebesar 11,73%; (e) faktor aktivitas individu, yang mana terdapat selisih presentase sebesar 7,47%; dan (f) faktor teman bergaul, terdapat selisih presentase sebesar, 1,60%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Prestasi Akademik, Mahasiswa Kader Muhammadiyah dan Mahasiswa Reguler
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 14:54
Last Modified: 20 Oct 2021 00:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29057

Actions (login required)

View Item View Item