Peran Pimpinan Ranting Muhammadiyah Dalam Menanamkan Ideologi Muhammadiyah Kepada Anggotanya (Studi Kasus Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo, Periode 2010-2015)

Muallif, Nyoman (2014) Peran Pimpinan Ranting Muhammadiyah Dalam Menanamkan Ideologi Muhammadiyah Kepada Anggotanya (Studi Kasus Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo, Periode 2010-2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._Daftar_Pustaka.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhammadiyah sebagai gerakan Islam bukan hanya tempat berkumpul dan tanpa tujuan yang jelas. Muhammadiyah merupakan suatu gerakan agama yang di dalamnya terkandung sistem keyakinan (belief system), pengetahuan (knowledge), organisasi (organization), dan praktik-praktik aktivitas (practices activity) yang mengarah pada tujuan (goal) yang dicita-citakan. Adapun cita-cita Muhammadiyah adalah terciptanya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Setiap Pimpinan Muhammadiyah memiliki tugas untuk menanamkan ideologi Muhammadiyah. Dalam hal ini Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) sebagai ujung tombak pergerakan Muhammadiyah diharapkan dapat berperan dengan baik dalam menanamkan ideologi Muhammadiyah. Ideologi Muhammadiyah adalah ideologi Islam yang berpegang pada Al-Qur’an dan Al- Sunnah dengan cita-cita membentuk masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Ideologi Muhammadiyah yang demikian ini telah dirumuskan dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Kepribadian Muhammadiyah, Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah, dan Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. PRM Pabelan adalah salah satu Pimpinan Ranting yang dimiliki Muhammadiyah. Pimpinan Ranting ini berdiri dengan tujuan yang sama dengan pimpinan-pimpinan yang lainnya, yaitu menanamkan ideologi Muhammadiyah. Penanaman ideologi Muhammadiyah sangatlah penting untuk dilakukan oleh Pimpinan Ranting Pabelan, karena kondisi masyarakat yang sangat majemuk pemahaman keislamannya. Oleh karena itu, perlu adanya peran Pimpinan Ranting Pabelan dalam penanaman ideologi Muhammadiyah dengan mengambil langkahlangkah yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran Pimpinan Ranting Muhammadiyah dalam menanamkan ideologi Muhammadiyah dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung serta penghambat dalam merealisasikannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan data-datanya didapatkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan pendekatan deskriptif analitik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran PRM Pabelan dalam menanamkan ideologi Muhammadiyah adalah sebagai planner, organisator, aktifator, controller dan evaluator. Dan yang menjadi faktor pendukung adalah adanya dukungan dari pemerintah desa dan UMS, amal usaha yang telah dirintis, dan semangat kerja dari sebagian pimpinan dan anggota. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah hambatan dari kaum adat, kaum jumud, kaum sekuler, agama lain, dan kurangnya partisipasi sebagian pimpinan dan anggota dalam kegiatan-kegiatan ranting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Pimpinan, Ideologi Muhammadiyah
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 14:46
Last Modified: 02 Jun 2014 05:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29056

Actions (login required)

View Item View Item