Fungsi Bimbingan Konseling Islami Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Al Islam Jamsaren Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Asna, Rusmalia Nur Ferida and , Dra. Chusniatun, M.Ag. (2014) Fungsi Bimbingan Konseling Islami Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Al Islam Jamsaren Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (120kB)

Abstract

Bimbingan merupakan proses yang menunjang pendidikan di sekolah. Bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dari pendidikan di sekolah. Dalam keadaan tertentu bimbingan dan konseling merupakan layanan bantuan kepada siswa yang bermasalah, pada situasi lain bimbingan dan konseling merupakan satu metode atau alat dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis dapat merumuskan masalah bagaimana fungsi bimbingan konseling Islami dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al Islam Jamsaren Surakarta . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fungsi bimbingan konseling Islami dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al Islam Jamsaren Surakarta. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang berkepentingan khususnya guru dan orang tua murid dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu mengamati orang dalam sehari-hari dalam situasi wajar dan berinteraksi melalui wawancara yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan/observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara deduktif yaitu cara berfikir untuk mengambil kesimpulan yang berangkat dari masalah yang bersifat umum ke masalah yang bersifat khusus. Sedangkan yang dijadikan subyek penelitian adalah guru bimbingan konseling, wali kelas, kepala sekolah, dan siswa. Peneliti menyimpulkan fungsi bimbingan konseling Islami dalam meningkatkan prestasi belajar tersebut adalah pertama upaya preventif atau pencegahan dengan diadakannya ekstra, pramuka, qira’ah, BTA, hadrah. Kedua upaya kuratif yaitu guru BK memberikan konseling atau penyuluhan tentang bahaya merokok, sex education bagi remaja, sehingga anak paham tentang penyuluhan tersebut dengan harapan anak tidak melakukannya baik di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah; Menetapkan sistem kredit point bagi yang melanggar tata tertib sekolah. Upaya ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Fungsi bimbingan konseling Islami dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al Islam Jamsaren Surakarta sudah sesuai dengan semestinya. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan BK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut. Tetapi tujuan bimbingan konseling Islami di MA tersebut belum sepenuhnya dapat tercapai karena kurangnya koordinasi dari semua pihak BK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fungsi, bimbingan konseling Islami, prestasi belajar siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 14:34
Last Modified: 20 Oct 2021 00:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29055

Actions (login required)

View Item View Item