Peran Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Pada Ekstrakurikuler Tapak Suci (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013)

, Tarwoko and , Dr. Badaruddin, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2014) Peran Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Pada Ekstrakurikuler Tapak Suci (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (600kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (322kB)
[img] PDF (Bba II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bba III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (280kB)

Abstract

Setiap peserta didik memiliki potensi, bakat dan perkembangan yang beragam, sehinga pendidik diharuskan mampu memahami karakter dari setiap siswa itu sendiri, agar pendidik mampu mengarahkan peserta didik dalam memilih dan mengembangkan bakat siswa secara individu. Disinilah tugas dan peran dari manajemen kesiswaan untuk menemukan dan mengembangkan bakat yang ada pada siswa salah satunya dengan mengadakan ekstrakurikuler khususnya Tapa Suci. Sedangkan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peran manajemen kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswa pada ekstrakurikuler Tapak Suci dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat proses kegiatan ekstrakurikuler di SMP Muhammaduyah 4 Surakarta Tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran manajemen kesiswaan dalam mengembangkan bakat siswa pada ekstrakurikuler Tapak Suci dan untuk mengetahui fakor pendukung dan penghambat proses kegiata ekstrakurikuler Tapak Suci di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian lapangan (field research) atau penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan seluruh data yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan induktif dan membuat analisis atau kesimpulan yang berpangkal dari pengetahuan yang bersifat umum untuk dijadikan dasar membuat kesimpulan yang bersifat khusus dengan menggunakan pendekatan deduktif. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa, guru dan yang berhubungan dengan ekstrakurikuler Tapak suci.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen kesiswaan berperan positif dalam mengembangkan bakat siswa yaitu: membina dan melayani apa yang diperlukan siswa dalam pengembangan bakat siswa, kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci yang diadakan dapat meningkatkan bakat siswa dibidang seni beladiri. Hal ini terbukti dengan hasil prestasi yang dicapai siswa dalam mengikuti kejuaraan pada Tahun 2012 yaitu ada 2 siswa yang menjuarai kejuaraan ditingkat cabang mendapatkan juara 1 dan 2, ditingkat kota mendapatkan juara 2, ditingkat POPDA mendapatkan juara 1. Faktor pendukung: kerjasama yang solid antara pihak, semangat siswa untuk mengikuti kegiatan, adanya fasilitas yang mendukung, tersedianya tenaga pelatih yang sesuai dengan bidangnya, terciptanya suasana kekeluargaan dilingkungan sekolah, adanya pelatihan khusus bagi siswa yang mempunyai bakat menonjol.Faktor penghambat: fasilitas belum lengkap, waktu latihan yang kurang, kurangnya kedisiplinan siswa, belum diadakannya sparing.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesiswaan, Siswa, Ekstrakurikuler Tapak Suci
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 12:50
Last Modified: 20 Oct 2021 01:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29047

Actions (login required)

View Item View Item