Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Akidah Akhlak Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar PAI (Studi di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura)

Setyawan, Heru Adi and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2014) Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Akidah Akhlak Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar PAI (Studi di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru sebagai pendidik di sekolah mempunyai pengaruh yang kuat dan berperan penting dalam perkembangan pendidikan siswa. Guru yang profesional tidak hanya dituntut untuk menguasai dan menyampaikan bahan pelajaran saja melainkan harus mahir dan menguasai metode belajar yang efektif, sehingga siswa lebih antusias dalam belajar. Guru yang profesional akan berusaha agar siswa termotivasi untuk belajar lebih giat atau lebih baik, sehingga siswa memiliki persepsi yang baik terhadap kegiatan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru akidah akhlak terhadap hasil belajar PAI siswa Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kua ntitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah seluruh dari siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura tahun ajakar 2013/2014 atau dapat disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kue sioner dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang profesionalisme guru berpengaruh terhadap hasil belajar aqidah akhlak pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura tahun ajaran 2013/2014. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis dengan uji t memperoleh nilai thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 8,973 > 2,000. Artinya semakin baik persepsi siswa tentang profesionalisme guru, maka semakin tinggi hasil belajar aqidah akhlak siswa. Sebaliknya semakin kurang baik persepsi siswa tentang profesionalisme guru, maka semakin rendah hasil belajar aqidah akhlak siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, profesionalisme guru, hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 12:51
Last Modified: 20 Oct 2021 01:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29046

Actions (login required)

View Item View Item