Peran Pendidikan Islam Dalam Pusaran Dinamika Bangsa (Analisis Buku Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial Karya Sutrisno dan Muhyidin)

SOLICHIN , MOHAMMAD (2014) Peran Pendidikan Islam Dalam Pusaran Dinamika Bangsa (Analisis Buku Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial Karya Sutrisno dan Muhyidin). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (241kB)

Abstract

Bangsa Indonesia saat ini sedang dilanda krisis yang bersifat multidimensional. Terungkapnya kasus korupsi melalui media, kemiskinan dan pengangguran yang semakin meningkat, krisis kepemimpinan, dan hukum yang tidak memperlihatkan keadilan. Permasalahan tersebut dapat ditengarai dari gagalnya penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, secara lebih khusus yaitu pendidikan Islam. Di tengah banyaknya buku yang beredar mengenai solusi dari problematika tersebut, buku karangan Sutrisno dan Muhyidin Albarobis yang berjudul Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial menjadi salah satu tawaran di tengah krisis tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa konsep yang ditawarkan oleh Sutrisno dan Muhyidin dalam menghadapi problematika bangsa dan apa implikasi dari konsep tersebut terhadap kurikulum pembelajaran PAI. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep yang ditawarkan oleh Sutrisno dan Muhyidin dalam menghadapi problematika bangsa serta implikasi dari konsep yang ditawarkan tersebut terhadap kurikulum pembelajaran PAI. Adapun kegunaan penelitian ini adalah: (a) secara teoritis, dapat menghasilkan proposisi-proposisi empirik yang memungkinkan dikembangkan lebih lanjut menjadi teori-teori guna menambah khazanah pengetahuan keilmuan bagi pendidikan Islam Indonesia pada khususnya dan pendidikan nasional pada umumnya; dan (b) secara praktis, dapat memberi masukan yang tepat bagi pihak pemerintah, para guru, dan masyarakat pada umumnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan yang menggunakan metode dokumentasi, dan analisis datanya adalah content analysis. Penelitian ini menemukan bahwa konsep pendidikan Islam yang ditawarkan oleh Sutrisno dan Muhyidin adalah sebagai berikut: menggunakan paradigm inklusif, berorientasi pada etika dan norma dalam membentuk perilaku sosial, kurikulum berbasis pada realitas sosial, menjadikan problem sosial sebagai basisnya, menekankan pada kompetensi yang berkaitan dengan kesalehan sosial, peserta didik dididik dan dibina menjadi kader bangsa yang taat beragama, dan guru PAI berkolaborasi dengan guru-guru lain untuk menanamkan nilai-nilai keislaman. Adapun implikasi dari konsep tersebut terhadap kurikulum, yaitu tujuan pembelajaran untuk menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan memberi solusi atas problematika bangsa, materi pembelajaran didesain untuk mendorong munculnya sikap kritis dan kreatif peserta didik dalam mencari solusi atas problematika di masyarakat, metode yang digunakan hendaknya bersifat kontekstual, aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan; dan evaluasi pembelajaran lebih ditekankan pada aspek afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Problematika Bangsa, Buku Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 19 May 2014 12:09
Last Modified: 02 Jun 2014 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29039

Actions (login required)

View Item View Item