Maharani, Arinda Putri and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2014) Pelaksanaan Bimbingan Konseling Islami Di SDIT Ar-Risalah Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (730kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (221kB) |
Abstract
Bimbingan dan konseling Islami adalah upaya membantu individu belajar mengembangkan fitrah dan atau kembali kepada fitrah, dengan cara memberdayakan (enpowering) iman, akal, dan kemauan yang dikaruniakan Allah SWT kepadanya untuk mempelajari tuntunan Allah dan rasul-Nya, agar fitrah yang ada pada individu itu berkembang dengan benar dan kokoh sesuai tuntunan Allah SWT. Bimbingan dan konseling tidak hanya berorientasi untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar siswa, tetapi bimbingan dan konseling juga dapat menyentuh aspek perilaku atau akhlak siswa dalam proses pembentukan kepribadian. Siswa adalah bagian dari masyarakat yang butuh interaksi dan sosialisasi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan pelaksanaan Bimbingan Konseling Islami di SDIT Ar-Risalah Kartasura dan solusi yang diberikan kepada guru Bimbingan Konseling dalam menjawab kekurangan dari Bimbingan Konseling Islami di SDIT Ar-Risalah Kartasura. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), karena data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiah ini diperoleh dari lapangan, yaitu di SDIT Ar-Risalah Kartasura. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis data. Metode analisis data yang digunakan adalah deskripstif kualitatif dan penarikan kesimpulannya menggunakan cara berfikir induktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, guru pengampu bimbingan konseling Islami di SDIT Ar-Risalah Kartasura memenuhi persyaratan sebagai seorang guru bimbingan konseling yaitu minimal lulusan S1, lulusan pendidikan psikologi dan bimbingan konseling, serta memiliki dasar agama yang baik. Selain itu guru BKI dalam melaksanakan program bimbingan konseling biasa menggunakan metode diskusi, maupun interview. Program yang dilaksanakan tersebut berupa program yang bersifat preventif (pencegahan), kuratif (pengentasan), preservatif (pemeliharaan), dan developmental (pengembangan). Dalam pelaksanaan bimbingan konseling Islami di SDIT Ar-Risalah Kartasura memiliki kelebihan berupa penggunaan suatu standar operasional yang di sebut SOP (Standar Operasional Prosedur) penanganan masalah anak dalam menangani masalah anak. Kekurangannya berupa kurangnya kontrol orang tua terhadap anak, kurangnya fasilitas berupa ketidaktersediaannya ruang khusus bimbingan konseling.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Bimbingan, Konseling, Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2014 11:58 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29038 |
Actions (login required)
View Item |