Mengembangkan Kreativitas Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah III Girimargo, Miri, Sragen Tahun 2013/2014

Wiryani, R. Tutik and , Dr. Darsinah, M. Si. (2014) Mengembangkan Kreativitas Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah III Girimargo, Miri, Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (721kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (315kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (190kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kreativitas anak melalui permainan balok. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah III Girimargo, Miri, Sragen sebagai penerima tindakan dan peneliti yang berkolaborasi dengan teman sejawat, sebagai pemberi tindakan. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kreativitas anak dan tentang pembelajaran guru dengan permainan balok. Data tentang kreativitas anak dan pembelajaran guru dengan permainan balok tersebut, dikumpulkan melalui teknik observasi. Data tentang kreativitas anak dianalisis dengan analisis komparatif dan data tentang proses belajar mengajar guru dengan permainan balok dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil analisis menunjukkan sebelum siklus satu rata – rata kreativitas anak 47 %, berarti hampir semua anak kreativitas anak belum berkembang, setelah tindakan siklus satu rata – rata kreativitas anak mencapai 60,12 % yang berarti bahwa semua anak yang dari semula belum berkembang sudah mulai berkembang setelah siklus dua rata – rata kreativitas anak mencapai 89,49% artinya hampir semua anak berkembang sesuai harapan. Kesimpulan bahwa permainan balok dapat mengembangkan kreativitas anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, permainan balok, kelompok B
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2014 11:21
Last Modified: 20 Oct 2021 01:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29032

Actions (login required)

View Item View Item