Upaya Mengembangkan Kemampuan Logika Matematika Melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Krebet Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Fitriani, Mila Rindu and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Logika Matematika Melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Krebet Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (653kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pusaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan logika matematika pada anak usia dini dengan permainan kartu angka di TK Pertiwi Krebet Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun 2013/2014. Subyek pelaksanaan tindakan ini adalah anak Kelompok B yang berjumlah 24 anak dan guru di TK Pertiwi Krebet Kecamatan Masaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif' kornparatif, yaitu membandingkan hasil persentase pencapaian setiap anak dengan persentase keberhasilan yang telah ditentukan peneliti pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan logika matematika anak melalui permainan kartu angka. Kemampuan logika matematika anak pada pra siklus rnencapai 40,42, siklus pertama meningkat menjadi 68,00% dan siklus kedua menjadi 80,38%. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan logika matematika melalui permainan kartu angka. Dengan demikian, dapat terbukti bahwa penerapan permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan logika matematika anak kelompok B di TK Pertiwi Krebet Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan logika matematika, permaitun kartu angka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2014 08:17
Last Modified: 20 Oct 2021 01:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29020

Actions (login required)

View Item View Item