Pengembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Kelompok B Menggunakan Metode Story Book Reading Di TK Pilang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

Lestari, Wiji (2014) Pengembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Kelompok B Menggunakan Metode Story Book Reading Di TK Pilang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
DEPAN.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFPUS.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_WIJI_LESTARI_NIM_A53H111073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangankan kemampuan berbahasaanak kelompok B di TK Pilang I, untuk mengetahui pengembangan kemampuan berbahasa dengan menggunakan Metode story book reading pada anak kelompok B TK Pilang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah dilaksanakan di TK Pilang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen pada bulan Oktober 2013 - Januari 2014. Yang menjadi subyek dalampenelitian ini adalah anak TK Pilang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen yang berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan observasi indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila = 70% anak yang menunjukkan keberhasilannya dalam: 1) anak yang menceritakan kejadian dalam cerita , 2) anak yang bisa mengurutkan gambar cerita secara urut, 3) anak yang dapat membuat kalimat sederhana menurut cerita, 4) anak yang menjawab pertanyaan guru tentang cerita , 5) anak yang dapat menyebutkan nama tokoh yang ada dalam cerita. Dari hasil penelitian dapat. disimpulkan bahwa: 1) Hasil dari mengembangankan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Pilang I pra siklus adalah 47,62%. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode story book reading dapat mengembangan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B di TK Pilang I Pilang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen, dengan bukti hasil rentang keseluruhan anak sebelum menggunakan metode story book reading menunjukkan 47,62%, dengan menggunakan metode story book reading pengembangan siklus pertama menunjukkan 65,71%, dan rentang pengembangan siklus kedua menunjukkan sehingga indikator keberhasilan telah dicapai, maka dapat dikatakan tujuan penelitian telah tercapai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa, Metode story book reading pada
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2014 07:23
Last Modified: 02 Jun 2014 15:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29018

Actions (login required)

View Item View Item