Analisis Potensi Luapan Banjir Lahar Gunungapi Tangkuban Perahu Untuk Menentukan Area Evakuasi Di Sekitar Sungai Cimuja Kabupaten Subang

Indrawandinata, Rendi Firdian and , Drs. Suharjo, M.S and , Jumadi, S.Si. M.Sc. (2014) Analisis Potensi Luapan Banjir Lahar Gunungapi Tangkuban Perahu Untuk Menentukan Area Evakuasi Di Sekitar Sungai Cimuja Kabupaten Subang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (995kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (276kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Analisis Potensi Luapan Banjir Lahar Gunungapi Tangkuban Perahu untuk Menentukan Area Evakuasi di Sekitar Sungai Cimuja Kabupaten Subang“ bertujuan untuk mengetahui potensi luapan lahar Gunungapi Tangkuban Perahu di Sungai Cimuja Kabupaten Subang dan mengetahui lokasi yang aman untuk dijadikan area evakuasi luapan banjir lahar Gunungapi Tangkuban Perahu di Sungai Cimuja Kabupaten Subang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei dan observasi lapangan dengan pengambilan sampel yang dilakukan melalui wawancara kepada masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar Sungai Cimuja. Teknik untuk pengambilan sampel pada penelitian ini, menggunakan metode teknik purposive sampling atau penentuan anggota sampel secara sengaja dengan menentukan sampel berdasarkan permukiman yang masuk dalam wilayah penelitian. Sampel yang diambil berupa wilayah permukiman yang memiliki kriteria berpotensi terhadap luapan lahar. Berdasarkan hasil penelitian analisis potensi luapan banjir lahar di Sungai Cimuja dibagi menjadi tiga kelas, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Wilayah yang berpotensi tinggi terkena luapan banjir lahar di Sungai Cimuja berada di daerah penggalan sungai bagian hulu yang tepatnya terletak di Desa Cicadas Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. Sebagian besar wilayah yang terkena luapan banjir lahar di Sungai Cimuja, yaitu lahan perkebunan dan pertanian. Hasil dari potensi luapan, dilakukan penentuan area evakuasi untuk antisipasi bila terjadi lagi luapan banjir lahar di Sungai Cimuja Kabupaten Subang. Selter point yang dijadikan tempat untuk area evakuasi difokuskan terhadap bangunan publik, seperti bangunan sekolah dan tempat ibadah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Luapan lahar, Sungai Cimuja, Area Evakuasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 16 May 2014 13:19
Last Modified: 18 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29016

Actions (login required)

View Item View Item