Analisis Yuridis Penerapan Prinsip 5C (Character, Capital, Capacity, Collateral, and Conditional of Economy) dalam Perjanjian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di PT Bank Tabungan Negara Cabang Solo

Berliana, Pramita Indah and , Septarina Budiwati, SH., M.Hum and , Moh. Sandjoyo, SH., M.Hum (2014) Analisis Yuridis Penerapan Prinsip 5C (Character, Capital, Capacity, Collateral, and Conditional of Economy) dalam Perjanjian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di PT Bank Tabungan Negara Cabang Solo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (495kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (311kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (356kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip 5C (Character, Capital, Capacity, Collateral, and Conditional of Economy) dalam perjanjian kredit kepemilikan rumah di PT Bank Tabungan Negara Cabang Solo. Untuk mengetahui permasalahan yang timbul dalam penerapan prinsip 5C dalam perjanjian kredit pemilikan rumah. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan PT Bank Tabungan Negara Cabang Solo mengatasi permasalahan yang timbul dalam penerapan prinsip 5C dalam perjanjian pemberian kredit pemilikan rumah. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris. Tempat digunakannya penelitian adalah PT Bank Tabungan Negara. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah setelah data terkumpul, maka akan diinventarisasi dan kemudian diseleksi yang sesuai digunakan menjawab pokok permasalahan dalam penelitian ini. Selanjutnya akan dianalisa untuk mencari dan menemukan hubungan antara data yang diperoleh dari hasil penelitian dilapangan dengan landasan teori yang ada dan yang dipakai sehingga memberi gambaran yang konstruktif mengenai permasalahan yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa penerapan prinsip 5C dalam perjanjian kredit pemilikan rumah (KPR) di Bank Tabungan Negara Cabang Solo ini dilaksanakan sejak tahap permohonan kredit oleh debitur. Ketentuan internal mengenai pelaksanaan analisis kredit ini ditetapkan dalam kebijakan PT Bank Tabungan Negara Cabang Solo Nomor 03-001/P/CL/HCL tahun 2011 tentang Analisis Kredit Komersial. Penerapan analisis kredit KPR dilakukan dengan cara mengetahui, Character calon debitur dinilai dari iktikad baiknya yang dilakukan dengan memperhatikan dokumen-dokumen persyaratan, BI Checking, dan hasil wawancara secara mendalam dengan calon debitur serta pihak terkait. Upaya yang dilakukan oleh PT Bank Tabungan Negara Cabang Solo dalam mengatasi permasalahan yang timbul pada penerapan prinsip 5C dalam perjanjian KPR adalah pertama, analis kredit tidak mengandalkan BI Checking dan melakukan analisis kredit dengan sungguh-sungguh pada saat menganalisa karakter calon debitur untuk mengatasi permasalahan mengenai belum adanya BI Checking atas nama calon debitur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prinsip 5C, KPR
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 16 May 2014 11:13
Last Modified: 20 Oct 2021 02:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29008

Actions (login required)

View Item View Item