Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Permainan Suku Kata Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Kliwonan 01 Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Rosidah, Siti and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Permainan Suku Kata Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Kliwonan 01 Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (428kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (422kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kemampuan berbahasa anak melalui metode permainan suku kata pada kelompok B TK Pertiwi Kliwonan 01 Masaran, Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch ) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Kliwonan 1 Kecamatan Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa serta guru di TK tersebut. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa penggunaan media permainan suku kata dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Hal tersebut diperoleh dari data adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak dari pta siklus sampai dengan siklus II yakni pra siklus kemampuan berbahasa anak hanya 35 %, pada siklus I sebesar 60 %, dan pada siklus II sebesar 90 %. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: melalui media permainan suku kata dapat mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak TK Kliwonan 1 Masaran Sragen tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Media Permainan Suku Kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 May 2014 08:20
Last Modified: 20 Oct 2021 01:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29005

Actions (login required)

View Item View Item