Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara nak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Gebang I Masaran Sragen Tahun 2013/2014

Rahayu, Sri and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd (2014) Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara nak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Gebang I Masaran Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (345kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (335kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui metode bercerita bergambar pada anak didik Taman Kanak-kanak Gebang I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch ) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah guru dan anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Gebang MasaranKecamatan Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus serta dalam penelitian ini juga menggunakan deskriptif komparatif untuk mengambarkan pencapaian anak pada tiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa penggunaan metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak, hal tersebut dioperoleh dari data adanya peningkatan ketuntasan kemampuan berbicara anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan kemampuan berbicara yang berkembang sesuai harapan anak hanya 35 %, pada siklus I sebesar 60 %, dan pada siklus II sebesar 90 %. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui metode cerita bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak TK Gebang Masaran Sragen tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemampuan Berbicara , Metode Bercerita Bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 May 2014 08:11
Last Modified: 20 Oct 2021 01:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28995

Actions (login required)

View Item View Item