Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta

Yunita, Ernia and , Drs. Soleh Amini, M.Si. (2014) Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (397kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (376kB)

Abstract

Setiapmahasiswasetelahlulusmenjadisarjanaharapannyaadalahbekerjasesuaideng anbidangataukeahlian yang dimiliki. Namun banyak mahasiswa yang belum lulus saja sudah merasa cemas dalam menghadapi persaiangan dunia kerja. Kecemasan menghadapi dunia kerja dapat menghinggapi siapa saja tak terkecuali mahasiswa khususnya mahasiswa semester akhir yang mana setelah lulus para mahasiswa ini dihadapkan pada dunia baru yaitu dunia kerja. Kecemasan adalah ketakuan tanpa adanya objek yang jelas. Tanda-tanda kecemasan adalah dalam bentuk rasa khawatir dan perasaan lain yang kurang menyenangkan. Biasanya perasaan ini disertai oleh ketidakpercayaan diri dan tidak mampu menghadapi masalah. Sehingga dapat dikatakan bahwa kepercayaan diri mempengaruhi kecemasan yang dimiliki seseorang. Kepercayaan diri ialah suatu sikap atau perasaan yakin akan kemampuan diri sendiri sehingga orang yang bersangkutan tidak cemas dalam bertindak, dapat merasa bebas melakukan hal yang disukainya sekaligus mampu bertanggung jawab atas yang diperbuat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja.Variabel penelitian ini adalah kepercayaan diri sebagai variable bebas dan kecemasan menghadapi dunia kerja sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir S1 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang sedang mengerjakan tugas akhir.Subyek dalam penelitian ini berjumlah 185 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala yaitu skala kepercayaan diri terdiri dari 55 aitem dan skala kecemasan menghadapi dunia kerja terdiri dari 52 aitem. Hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja. Hal ini ditunjukkan dari analisis korelasi product momentsebesar -0.434 dengan p = 0,000 (p < 0,01) dan didapatkan sumbangan efektif kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja sebesar 18,8%. Hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 May 2014 12:20
Last Modified: 20 Oct 2021 01:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28985

Actions (login required)

View Item View Item