Karakterisasi Dan Pembuatan Kampas Kopling Sepeda Motor Dengan Variasi Bahan Serat Sabut Kelapa, Serbuk Arang Tempurung Kelapa, Serbuk Tembaga Dan Resin Polyester

WASIT, WASIT and , Ir. Pramuko Ilmu Purboputro, MT. and , Bambang Waluyo F, ST. MT (2014) Karakterisasi Dan Pembuatan Kampas Kopling Sepeda Motor Dengan Variasi Bahan Serat Sabut Kelapa, Serbuk Arang Tempurung Kelapa, Serbuk Tembaga Dan Resin Polyester. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf

Download (531kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi variasi serbuk tembaga, serbuk arang tempurung kelapa, serat kelapa dan resin poliester terhadap kekuatan aus dan kekerasan dari spesimen kampas kopling, dan mempengaruhi pengaruh komposisi bahan terhadap sifat fisik dari kampas kopling dengan struktur mikro. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk tembaga, serbuk arang tempurung kelapa, serat kelapa dan resin poliester. Kemudian dalam pembuatan dilakukan proses kompaksi dengan gaya sebesar 2 ton dan ditahan selama 60 menit. Setelah mencapai holding time yang di inginkan, dies dimasukkan kedalam oven dan dilakukan proses sintering dengan suhu 130ºc selama 40 menit dan specsimen dikeluarkan dari cetakan. Setelah didapat sembilan spesimen kampas kopling variasi serbuk tembaga, serbuk arang tempurung kelapa, serat kelapa dan resin poliester lalu dilakukan proses pengujian kekerasan Brinell dan pengujian keausan kemudian dilakukan foto struktur mikro untuk melihat kepadatan dan sifat masing-masing bahan penyusun spesimen kampas kopling sepeda motor. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa komposisi bahan dengan fraksi berat serbuk tembaga sebesar 20 %, serbuk arang tempurung kelapa sebesar 20 %, serat sabut kelapa sebesar 20 % dan resin polyester 40% didapat harga kekerasan 20,642 kg/mm2, harga keausan uji kering sebesar 0,21 mm/jm dan harga keausan uji basah pengaruh oli sebesar 0,15 mm/jm. Sehingga mendekati harga kampas kopling indopart dengan harga kekerasan 13,248 kg/mm2, harga keausan uji kering sebesar 0,22 mm/jm dan harga keausan uji basah pengaruh oli sebesar 0,17 mm/jm.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kampas kopling, serbuk tembaga, serat sabut kelapa
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 13:32
Last Modified: 14 Oct 2021 05:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28970

Actions (login required)

View Item View Item