Analisis Kestabilan Kendaraan Mini Truck Sang Surya Pada Saat Pengereman

PURNOMO, ANA LANGGENG and , Ir. Pramuko IP, MT. and , Supriyono, ST, MT, Ph.D. (2014) Analisis Kestabilan Kendaraan Mini Truck Sang Surya Pada Saat Pengereman. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (935kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rem adalah bagian penting dari kendaraan, yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Ada berbagai jenis rem yang memiliki karakteristik masing-masing. Tujuannya untuk menentukan kapasitas pengereman maksimum as roda depan dan roda belakang dengan perbedaan kecepatan kendaraan. Analisis dilakukan dengan mengubah kecepatan kendaraan. Tetapi kecepatan dengan jarak berhenti yang sama, yang salah satu variasi kecepatan 50 km/jam, 60 km/jam, 70 km/jam, 80 km/jam, 90km/jam dan jarak berhenti adalah 50 meter. Dari perhitungan dinamika kendaraan pengereman, ditemukan bahwa Mobil Mini Truck Sang Surya kendaraan dengan kecepatan 90 km/jam perlambatan adalah 3,470 m/s2 menghasilkan gaya tuas rem adalah 514.459 N pada kiri dan gaya tuas rem 439.173 N pada kanan, pada kecepatan 80 km/jam perlambatan adalah 3,086 m/s2 menghasilkan gaya tuas rem adalah 481.111 N pada kiri dan gaya tuas rem adalah 410.705 N pada kanan, pada kecepatan 70 km/jam perlambatan adalah 2,699 m/s2 menghasilkan gaya tuas rem adalah 447.428 N pada kiri dan gaya tuas rem adalah 381.951 N pada kanan, pada kecepatan 60 km/jam perlambatan adalah 2,316 m/s2 menghasilkan gaya tuas rem adalah 414.241 N pada kiri dan gaya tuas rem adalah 353.621 N pada kanan, pada kecepatan 50 km/jam perlambatan adalah 1,929 m/s2 menghasilkan gaya tuas rem adalah 380.627 N pada kiri dan gaya tuas rem adalah 324.925 N pada kanan. Gaya pada tuas rem adalah gaya yang harus dipenuhi oleh unit rem terkandung di dalam kendaraan tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: System Pengereman, Kecepatan, Gaya Hambatan Pengereman
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 11:38
Last Modified: 14 Oct 2021 01:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28960

Actions (login required)

View Item View Item