Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Eksperimen Pada Kelompok B Di TK Al Islam Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Hartiwi,, Tri (2014) Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Eksperimen Pada Kelompok B Di TK Al Islam Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPANN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (668kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (670kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di TK Al Islam Kadioiro, Sambirejo, Sragen. Penelitian ini mengacu pada Penelitian Khamidah (2010) yang berjudul “Penggunaan Metode Karyawisata dalam Peningkatan Kecerdasan Naturalis Pada Kelompok B di RA Tarbiyatus Shibyan Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan”. Menyimpulkan bahwa penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Penelitian Sari, Aida, Rika (2010), yang berjudul “Penggunaan Messy Play dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B di RA Persis Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruhan”. Menyimpulkan bahwa kecerdasan naturalis pada usia 5-6 tahun dapat di tingkatkan melalui pembelajaran dengan menggunakan messy play. Penelitian Miftakhul Jannah, Endro Wahyuno, Pramono yang berjudul “Penerapan Kegiatan Bermain Apotik Hidup untuk Meningkatkan Kemampuan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B di TK Darussalam Kabupaten Malang”. Menyimpulkan bahwa dengan penerapan kegiatan bermain apotik hidup dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak. Untuk itu peneliti ingin meningkatkan hasil pembelajaran melalui metode eksperimen, dengan harapan peningkatan hasil belajar dapat terwujut. Subyek penelitan adalah anak kelompok B TK Al Islam Kadipiro,Sambirejo, Sragen. Penelitian di lakukan dengan menggunakan metode eksperimen, yang di laksanakan secara bertahap yaitu siklus I dan siklus II dengan hasil menunjukan peningkatan kecerdasan naturalis anak di setiap siklusnya. Data di kumpulkan memeli observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya di lakukan setiap selesai satu siklus baik hasil tes maupun hasil observasi pada siklus yang sedang di laksanakan di bandingkan dengan siklus sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kecerdasan naturalis anak, yakni sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 9,6% dengan prosentase 29%, peningkatan siklus I nilai rata-rata kelas 15,5% dengan prosentase 48%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 25,8% dengan prosentase 80,15%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan naturalis, metode eksperimen.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 08:46
Last Modified: 13 May 2014 08:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28953

Actions (login required)

View Item View Item