Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Berhitung Kelompok A Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Krapyak Sragen Tahun Ajaran 2013 / 2014

Sumarsi, Sumarsi and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Berhitung Kelompok A Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Krapyak Sragen Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (972kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (BaB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah_Sumarsi_A53H111060.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dengan permainan berhitung di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Krapyak Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Subyek pelaksanaan tindakan ini adalah anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Krapyak Sragen yang berjumlah 20 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentsi. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil persentase pencapaian setiap anak dengan persentase keberhasilan yang telah ditentukan peneliti pada setiap siklusnya. Analisis data pembelajaran berhitung dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan berhitung. Kemampuan anak pada prasiklus mencapai 15%, siklus pertama meningkat menjadi 65 % dan siklus kedua menjadi 85%. Selain itu dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan berhitung. Dengan demikian dapat terbukti bahwa penerapan permainan berhitung dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Krapyak Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, permainan berhitung.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 08:14
Last Modified: 19 Oct 2021 17:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28951

Actions (login required)

View Item View Item