Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Lisan Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen

Suparjo, Suparjo and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Lisan Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan ketrampilan berbahasa lisan melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B TK pertiwi II Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Subyek penelitian ditetapkan pada guru TK pertiwi II Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen dan sanak kelompok B TK pertiwi II Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen dengan jumlah 18 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif Komparatif, teknik deskriptif interaktif dengan deskripsi hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan adalah Metode bernyanyi, ketrampilan berbahasa lisan anak dapat meningkat. Pada siklus 1 dari 18 jumlah anak yang berkembang sesuai harapan ada 10 anak (55,6%) sedangkan yang berkembang sangat baik ada 2 anak (11,1%). Sehingga jumlah anak yang mencapai indikator ketuntasan pada penelitian ini yaitu minimal berkembang sesuai harapan ada 12 anak atau 66,77% . Pada Siklus 2, anak yang berkembang sesuai harapan 7 anak (38,9%) sedangkan yang berkembang sangat baik ada 8 anak (44,4%). Sehingga jumlah anak yang mencapai indikator keberhasilan telah mencapai 15 anak atau 83,3%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berbahasa Lisan, Metode Bernyanyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 May 2014 08:59
Last Modified: 19 Oct 2021 17:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28934

Actions (login required)

View Item View Item