Suparjo, Suparjo and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Lisan Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan ketrampilan berbahasa lisan melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B TK pertiwi II Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan Subyek penelitian ditetapkan pada guru TK pertiwi II Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen dan sanak kelompok B TK pertiwi II Plumbungan Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen dengan jumlah 18 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif Komparatif, teknik deskriptif interaktif dengan deskripsi hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan adalah Metode bernyanyi, ketrampilan berbahasa lisan anak dapat meningkat. Pada siklus 1 dari 18 jumlah anak yang berkembang sesuai harapan ada 10 anak (55,6%) sedangkan yang berkembang sangat baik ada 2 anak (11,1%). Sehingga jumlah anak yang mencapai indikator ketuntasan pada penelitian ini yaitu minimal berkembang sesuai harapan ada 12 anak atau 66,77% . Pada Siklus 2, anak yang berkembang sesuai harapan 7 anak (38,9%) sedangkan yang berkembang sangat baik ada 8 anak (44,4%). Sehingga jumlah anak yang mencapai indikator keberhasilan telah mencapai 15 anak atau 83,3%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbahasa Lisan, Metode Bernyanyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 May 2014 08:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 17:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28934 |
Actions (login required)
View Item |