Peningkatan Kreativitas Belajar Anak Dengan Metode Bercerita Pada Siswa Kelompok B TK Aisyiyah 2 Sepat Masaran Sragen Tahun 2013/2014

Tsalasatun, Umi and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Kreativitas Belajar Anak Dengan Metode Bercerita Pada Siswa Kelompok B TK Aisyiyah 2 Sepat Masaran Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (173kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar anak dengan metode bercerita pada anak TK Aisyiyah 2 Sepat Masaran Sragen. Dalam meningkatkan kreativitas belajar anak di TK Aisyiyah 2 sepat di adakan Penelitihan Tindakan Kelas ( PTK ) dan subyek yang kami teliti adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah 2 Sepat dengan pembeljaran dengan metode bercerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 60% dengan kategori anak sudah cukup baik, (2) Aktivitas siswa pada siklus II meningkat dengan memperoleh 80% ini menunjukkan prosentase anak sudah mengalami peningkatan kreativitas dengan hasil yang sudah maksimal dan sudah memenuhi target yang diinginkan. Untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode bercerita juga didukung oleh beberapa indikator yaitu memiliki gagasan yang orisinil, rasa ingin tahu yang besar, berani mengambil resiko, memiliki tanggung jawab. Selain itu keberhasilan dalam meningkatakan kreativitas ini juga di dukung dengan metode pendukung diantaranya berian waktu untuk mengerjakan tugas sebisa anak serta pemberian motifasi berupa reward dan pujian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode bercerita dapat meningkatkan kreativitas belajar anak kelompok B TK Aisyiyah 2 Sepat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas belajar, metode bercerita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 May 2014 07:49
Last Modified: 19 Oct 2021 17:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28932

Actions (login required)

View Item View Item