Peningkatan Kemampuan Bekerja Sama Melalui Metode Bermain Kelompok Pada TK Hidayatturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Nurngatini, Sri and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Bekerja Sama Melalui Metode Bermain Kelompok Pada TK Hidayatturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.PDF

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.PDF

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF

Download (459kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bekerja sama melalui Metode Bermain Kelompok pada Taman Kanak-kanak Hiidayatturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah guru dan anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Hidayaturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaksi, komponen pokok analisis interaksi yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa penggunaan metode bermain kelompok dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama anak, hal tersebut dioperoleh dari data adanya peningkatan kemampuan bekerja sama anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni sebelum tindakan kemampuan bekerja sama anak hanya 20 %, pada siklus I sebesar 53,33 %, pada siklus II sebesar 93,33 % Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Metode Bermain kelompok dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama pada anak usia dini pada TK Hidayaturrahman Jembangan Pringanom Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kemampuan Bekerja sama , Metode Bermain Kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 May 2014 06:59
Last Modified: 19 Oct 2021 17:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28930

Actions (login required)

View Item View Item