Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok A Di TK Wonorejo Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Marhamah, Siti and , Drs. Joko Santosa, M. Ag. (2014) Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok A Di TK Wonorejo Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._Bab_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
3._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab III)
4._Bab_III.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
6._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (512kB)

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemandirian melalui bermain peran pada anak kelompok A TK Wonorejo Kalijambe Tahun Pelajaran 2013/2014. Pelaksanaan Penelitian ini dilaksanakan tiga bulan mulai bulan desember 2013 sampai bulan Februari 2014. Adapun tempat penelitiannya yaitu di TK Wonorejo Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Wonorejo Kalijambe yang berjumlah 15 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : 1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Observasi dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pada skor prasiklus 47.91% , pada siklus I meningkat 61.87%, pada siklus II lebih meningkat menjadi 76.45%, sehingga penerapan pembelajaran dengan bermain peran untuk peningkatan kemandirian dinilai berhasil. Sehingga pemilihan bermain peran sangatlah penting untuk peningkatan kemandirian anak pada anak kelompok A di TK Wonorejo Kalijambe Sragen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran berpengaruh terhadap peningkatan kemandirian anak pada anak kelompok A di TK Wonorejo Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemandirian, Bermain Peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 May 2014 08:34
Last Modified: 19 Oct 2021 16:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28925

Actions (login required)

View Item View Item