Studi Kelayakan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) Di Desa Setren Kecamatan Slogoimo Kabupaten Wonogiri

DIMYATI, ARI MAGHFUR (2014) Studi Kelayakan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) Di Desa Setren Kecamatan Slogoimo Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
MAKALAH.pdf

Download (595kB)

Abstract

Energi listrik memiliki peranan yang sangat penting dalam usaha meningkatkan mutu kehidupan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Keterbatasan penyediaan energi listrik merupakan salah satu hambatan dalam pembangunan dan pengembangan masyarakat khususnya di daerah pedesaan. Secara umumdi daerah daerah pegunungan mempunyai potensi energi air yang besar. Pembangkit listrik mikrohidro adalah salah satu pembangkit energi listrik terbarukan, efisien, praktis, dan ramah lingkungan. Saat ini energi kelistrikan di desa Setren belum bisa dinikmati oleh semua masyarakat desa setren, hal ini masih dijumpai 7 rumah yang belum berlangganan energi listrik ke PLN, biaya merupakan faktor utama yang dikeluhkan oleh masyarakat tersebut.Jika dilihat kondisi melimpahnya air yang ada di desa setren sepanjang tahun maka perlu kajian terkait potensi air untuk dibangun PLTMh. Maka dari itu penelitian ini bertujuan melakukan studi kelayakan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMh). Metode penelitian ini ada beberapa tahap yaitu survey lokasi untuk mengumpulkan data primer dari warga sekitar. Tahap berikutnya adalah mengukur debit air dengan cara mengukur kecepatan air, dan pengukuran head. Maka dari itu akan di peroleh hasil untuk menentukan berapa besar potensi yang di hasilkan. Hasil survey yang diperoleh selama melakukan studi kelayakan PLTMh di desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri memperoleh hasil yang sesuai, pada lokasi tersebut memiliki potensi yang layak untuk di bangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMh). Potensi yang ada mampu menghasilkan daya berkapasitan 1 x 20 Kw. PLTMh yang dirancang menggunakan Crossflow dan Generator Induksi berkapasitas 25 Kw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PLTMh, Mikrohidro, debit, generator, head
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 09 May 2014 07:58
Last Modified: 09 May 2014 09:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28919

Actions (login required)

View Item View Item