Perancangan Stasiun Kerja Finishing Praktikum PTI Berdasarkan Pendekatan Ergonomi (Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta)

SETYAWAN, ANDI and , Ratnanto Fitriadi, ST., MT and , Mila Faila Sufa, S.T., M.T. (2014) Perancangan Stasiun Kerja Finishing Praktikum PTI Berdasarkan Pendekatan Ergonomi (Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Paustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

Semua proses kerja pada stasiun finishing baik proses pendempulan, pengamplasan, pengecatan maupun perakitan pada umumnya dilakukan dengan sikap kerja jongkok dengan alat dan benda kerja diletakkan di lantai. Oleh karena itu diperlukan perbaikan dengan memperhatikan faktor ergonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang stasiun kerja yang dapat digunakan pada proses finishing yang meliputi proses pendempulan, pengamplasan, pengecatan dan perakitan, dan untuk memberikan usulan perancangan stasiun kerja dengan mempertimbangkan faktor ergonomi dan tata letak fasilitas. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknik Industri Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Responden dalam penelitian ini adalah asisten praktikum dan praktikan (mahasiswa) yang berjumlah 40 orang (30 mahasiswa dan 10 asisten). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Pengolahan data dilakukan dengan uji kecukupan data, keseragaman dan persentil. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa perbaikan stasiun kerja finishing dilakukan dengan merancang meja finishing proses pendempulan, pengamplasan dan perakitan, meja finishing proses pengecatan dan memberikan kursi fleksibel. Meja finishing proses pendempulan, pengamplasan dan perakitan dirancang dengan ukuran panjang meja kerja sebesar 168 cm, tinggi meja sebesar 75 cm dan lebar meja sebesar 85 cm. sedangkan meja finishing proses pengecatan berukuran panjang 168 cm, tinggi 70 cm, lebar 85 cm, tinggi rak 82 cm, tinggi gantungan 138 cm, lebar bilik 85 cm dan jarak gantungan 21 cm.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, tata letak fasilitas, meja kerja
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 09 May 2014 06:18
Last Modified: 17 Oct 2021 14:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28910

Actions (login required)

View Item View Item