Perancangan Alat Bantu Pencekam Mesin Bandsaw (Studi Kasus: Laboratorium Proses Produksi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta)

APRIANTO, AGENG (2014) Perancangan Alat Bantu Pencekam Mesin Bandsaw (Studi Kasus: Laboratorium Proses Produksi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NAKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (398kB)

Abstract

Objek penelitian ini adalah mesin bandsaw. Mesin bandsaw merupakan salah satu mesin yang digunakan Laboratorium Proses Produksi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta pada praktikum Perancangan Teknik Industri untuk proses pemotongan lurus dan pemotongan miring komponen produk miniatur mainan kayu. Akan tetapi, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut mesin bandsaw memiliki kendala seringnya mata gergaji patah akibat setup pemasangan mata gergaji yang tidak benar sehingga menyebabkan mata gergaji tidak mencapai posisi center, kesulitan dalam pemotongan miring, pemotongan yang tidak akurat dan keamanan yang relatif kurang dikarenakan kemungkinan terjadinya kontak fisik antara mesin dengan pengguna sangat besar. Penelitian ini bertujuan merancang alat bantu untuk peningkatan kinerja mesin bandsaw sehingga memberikan kemudahan dan keamanan kerja serta waktu pemotongan yang lebih baik dan tingkat keakurasian pemotongan yang tinggi. Manfaat yang didapat adalah pengguna mendapatkan kemudahan menggunakan mesin bandsaw, pengguna merasa aman mengoperasikan mesin bandsaw, serta proses pemotongan menjadi lebih cepat dan akurat. Perancangan ini ditinjau dari aspek teknis serta aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Tahap pertama dilakukan perhitungan analitis alat bantu untuk disain penempatan lokator, pencekaman, dan permesinan. Tahap kedua dilakukan analisa yang memperhatikan tingkat keselamatan dan keamanan penggunaan mesin bandsaw. Dari tahapan tersebut dibuatlah disain alat bantu awal dan dilanjutkan pembuatan alat bantu yang mengacu pada dimensi dan ukuran disain. Metode analisis yang digunakan adalah perbandingan penggunaan mesin bandsaw berdasarkan waktu penggunaan mesin dan tingkat keakurasian serta K3 antara sebelum dan sesudah menggunakan alat bantu. Pilihan disain alat bantu adalah menggunakan vise clamp dengan pola/aksi hold down (menekan ke bawah) yang secara teknis aman untuk digunakan karena matrik gaya yang berkerja bernilai non-negative. Dari hasil uji coba, alat bantu memberikan kemudahan dalam pemotongan karena fleksibel digunakan untuk pemotongan lurus atau pemotongan miring, serta meningkatkan keamanan pengguna karena proses pemotongan benda kerja tidak lagi ditahan/dipegang oleh tangan operator dan menempatkan tangan operator berada di luar area pemotongan daun gergaji. Hasil analisa data didapatkan penurunan total waktu pengerjaan sebesar 17,38 detik dan penurunan persentase penyimpangan pemotongan sebesar 41,49%. Secara garis besar, penggunaan alat bantu pada mesin bandsaw menunjukkan peningkatan kinerja mesin bandsaw.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mesin Bandsaw, Perancangan, Alat Bantu, K3
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 09 May 2014 06:07
Last Modified: 09 May 2014 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28909

Actions (login required)

View Item View Item