Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melaluibermain Eksplorasi Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Segaran Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013 / 2014

Jarwanti, Titik (2014) Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melaluibermain Eksplorasi Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Segaran Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (490kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain eksplorasi pada anak kelompok A di TK Pertiwi Segaran Delanggu Klaten tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan anak kelompok A TK Pertiwi Segaran Delanggu Klaten yang berjumlah 15 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, catatan lapangan dan dokumen untuk mengetahui data peningkatan anak dalam pembelajaran kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan membandingkan hasil pada setiap siklus untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak. Pelaksanaan tindakan dilaksanaan dalam 3 siklus. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain eksplorasi, yaitu kemampuan kognitif anak pada prasiklus sebesar (44,58%), siklus I sebesar (55,62%), siklus II sebesar (67,70%) dan pada siklus III meningkat hingga (77,70%). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran bermain eksplorasi melalui model pembelajaran membedakan konsep penuh – kosong melalui mengisi gelas dengan biji – bijian dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Pertiwi Segaran Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013 / 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain ekplorasi,kemampuan kognitif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 May 2014 07:40
Last Modified: 09 May 2014 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28900

Actions (login required)

View Item View Item