Hubungan Antara Religiusitas Dengan Kesejahteraan Subjektif Pada Masyarakat Miskin Di Bantaran Sungai Bengawan Solo Jebres Surakarta

Setiyawan, Drajat and , Usmi Karyani S.Psi, M.Si., Psi (2014) Hubungan Antara Religiusitas Dengan Kesejahteraan Subjektif Pada Masyarakat Miskin Di Bantaran Sungai Bengawan Solo Jebres Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.__BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
05.__BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09.__DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (718kB)

Abstract

Merasakan bahagia serta mencapai kepuasan hidup merupakan dua hal yang menjadi keinginan setiap individu dalam menjalani kehidupan. Individu dengan banyak keterbatasan khususnya dalam hal keuangan, sarana, dan prasarana seperti masyarakat miskin dirasa sulit untuk mencapai keduanya. Namun kesejahteraan subjektif tidak serta merta hanya dipengaruhi oleh materi, masih ada banyak hal yang dapat disumbangkan untuk kesejahteraan subjektif, salah satunya adalah religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan kesejahteraan subjektif pada masyarakat miskin, mengetahui tingkat religiusitas dan kesejahteraan subjektif masyarakat miskin, serta mengetahui sumbangan efektif religiusitas terhadap kesejahteraan subjektif pada masyarakat miskin yang tinggal di bantaran sungai Bengawan Solo Jebres Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan positif antara religiusitas dengan kesejahteraan subjektif pada masyarakat miskin. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat miskin pemegang kartu jamkesmas yang tinggal di bantaran sungai Bengawan Solo Jebres Surakarta dan berjumlah 197 warga. Menggunakan cluster purposive non random sampling didapatkan subjek berjumlah 97 warga miskin. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala religiusitas dan skala kesejahteraan subjektif, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment pada SPSS 17,0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif yang sangat signifikan antara religiusitas dengan kesejahteraan subjektif pada masyarakat miskin di bantaran sungai Bengawan Solo Jebres Surakarta dengan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,449; p=0,000; (p<0,01). Kategori religiusitas masyarakat miskin tergolong sangat tinggi dengan ME sebesar 62,55 > MH sebesar 45. Sedangkan untuk kesejahteraan subjektif tergolong sedang dengan ME sebesar 100,00. Sumbangan efektif variabel religiusitas terhadap kesejahteraan subjektif pada masyarakat miskin sebesar 20,1 % dan 79,9 % sisanya dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Kesejahteraan Subjektif, Masyarakat Miskin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:02
Last Modified: 18 Oct 2021 04:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28889

Actions (login required)

View Item View Item