Hubungan Persepsi Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Pada Perawat RSUD Dr. Hardjono Kabupaten Ponorogo

GAUTAMA, TEGAR MAHENDRA and , Susatyo Yuwono ,S. Psi, M. Si., Psi. (2014) Hubungan Persepsi Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Pada Perawat RSUD Dr. Hardjono Kabupaten Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (700kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kinerja perawat merupakan faktor utama dalam menentukan keberhasilan pelayanan di rumah sakit. Ciri kinerja pelayanan keperawatan yang bermutu diantaranya ialah sumber daya keperawatan dimanfaatkan secara wajar, berhasil guna dan berdaya guna, aman bagi pasien dan perawat, memuaskan pasien dan perawat serta memperhatikan aspek sosial budaya. Namun dalam pelaksanaan peran dan fungsinya seringkali perawat tidak bisa optimal yang disebabkan oleh berbagai hal, antara lain yaitu lemahnya budaya organisasi dan kepuasan kerja yang belum sesuai harapan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi budaya organisasi dan kepuasan kerja dengan kinerja. Variabel tergantung dalam penelitian ini yaitu kinerja, sedangkan variabel bebas adalah persepsi budaya organisasi dan kepuasan kerja. Hipotesis yang diajukan; (1) Ada hubungan antara persepsi budaya organisasi dan kepuasan kerja dengan kinerja perawat; (2) Ada hubungan positif antara persepsi budaya organisasi dengan kinerja; (3) Ada hubungan positif antara kepuasan kerja dengan kinerja Subjek penelitian yaitu perawat instalasi medis RSUD Dr. Hardjono Kabupaten Ponorogo berjumlah 110 responden. Metode pengumpulan data menggunakan skala persepsi budaya organisasi, kepuasan kerja dan skala kinerja. Metode analisis data digunakan analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,526, Fregresi = 20,460; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi budaya organisasi dan kepuasan kerja dengan kinerja. Hasil analisis korelasi rx1y sebesar 0,621; p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi budaya organisasi dengan kinerja. Hasil analisis korelasi rx2y sebesar 0,351; p = 0,000 (p < 0,01) berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja. Sumbangan persepsi budaya organisasi terhadap kinerja perawat sebesar 12,3% (rsquare=0,123). Sumbangan kepuasan kerja terhadap kinerja perawat sebesar 27,6% (rsquare=0,276), sehingga total sumbangan efektif sebesar 39,9% (12,3 +27,6%), sehingga masih terdapat 60,1% faktor lain yang mempengaruhi kinerja perawat diluar variabel persepsi budaya organisasi dan kepuasan kerja. Adapun kesimpulan penelitian menyatakan ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi budaya organisasi dan kepuasan kerja dengan kinerja. Namun generalisasi hasil-hasil penelitian terbatas pada subjek dan lokasi penelitian dilakukan yaitu perawat instalasai medis di RSUD Dr. Harjono Kabupaten Ponorogo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:39
Last Modified: 19 Oct 2021 09:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28887

Actions (login required)

View Item View Item