Perancangan Alat Bantu Mesin Gergaji Belah Dengan Menggunakan Metode Reverse Engineering (Studi Kasus Di Laboratorium Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

PRASETIYO, DWI ADY (2014) Perancangan Alat Bantu Mesin Gergaji Belah Dengan Menggunakan Metode Reverse Engineering (Studi Kasus Di Laboratorium Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (884kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (596kB)

Abstract

Laboratorium Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta digunakan sebagai tempat praktikum untuk mahasiswanya. Salah satunya adalah Praktikum Perancangan Teknik Industri. Dalam Praktikum tersebut diajarkan bagaimana cara merancang suatu produk. Produk yang dibuat berbahan dasar kayu. Mesin-mesin digunakan di laboratorium ini antara lain, mesin gergaji belah, band saw, scroll saw¸ mitter saw, surface planer. Tapi pada prakteknya mesin yang paling banyak digunakan adalah mesin gergaji belah. Mesin ini digunakan untuk membuat bahan baku menjadi bahan setengah jadi sebelum menjadi part Penelitian ini dilakukan pada mesin gergaji belah, penggunaan tangan sebagai pemegang benda kerja dalam proses permesinan membuat mesin ini memiliki resiko kerja yang tinggi. Selain itu, tingkat kepresisian hasil benda kerja sangat tergantung kekuatan dan keahlian operator. Dengan metode Reverse Engineering, penelitian ini bertujuan untuk membuat alat bantu yang bisa mengatasi resiko keamanan dan menambah daya guna pemakaian mesin gergaji belah ini. Dengan metode Reverse Engineering, penelitian dilakukan dengan membongkar produk lama untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari produk sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan desain alat bantu yang terdiri dari 6 komponen penting, yaitu : alas, alat bantu 1, alat bantu 2, pencekam, penahan penda kerja, pengunci. Alat bantu dapat membantu dalam proses pemotongan lurus maupun sudut. Dengan adanya pencekam keamanan operator terjamin dan hasil pemotongan yang presisi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mesin gergaji belah, Reverse Engineering, Alat bantu, Resiko keamanan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 13:27
Last Modified: 06 May 2014 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28875

Actions (login required)

View Item View Item