Implementasi Metode Sima‘i Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Terhadap Siswa Kelas X Di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014

Ardiansyah, Fery and , Dr. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Arief Wibowo, M.Ag. (2014) Implementasi Metode Sima‘i Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Terhadap Siswa Kelas X Di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (608kB)

Abstract

Al- Qur’an merupakan pedoman hidup bagi seluruh umat Islam, karena al-Qur’an adalah kalamullah yang diturunkan kepada manusia yang dimuliakan oleh Allah yang Maha Mulia yaitu Rasulullah saw, Muhammad bin Abdullah melalui Malaikat Jibril sebagai petunjuk hidup umat Islam dan bagi yang membacanya bernilaikan pahala. Al-Qur’an memiliki keistimewaan di antara keistimewaanya yaitu menjadikan syafa’at bagi orang yang membaca dan mengajarkannya. Lembaga pendidikan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo merupakan salah satu lembaga pendidikan lanjutan menengah kejuruan. Dalam lembaga pendidikan kejuruan ini mengajarkan baca tulis al-Qur’an sebagai kegiatan wajib bagi siswa kelas sepuluh. Pembelajaran ini secara umum guru-guru pembimbing menggunakan metode Sima‘i. Fakta dalam kegiatan siswa baca tulis al-Qur’an di sekolahan ini sangatlah lemah, namun setelah guru-guru pembimbing mengajarkan dengan mengunakan metode Sima‘i siswa mengalami kemajuan dalam membaca al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Sima‘i dan kendala-kendalanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Adapun Subjek penelitian dengan menggunakan seluruh populasi di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Medote pengumpulan datanya diambil dalam bentuk wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data pada penelitian dengan analisis diskriptif. Berdasarkan pengolahan data dan analisis data. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil yang positif pada bacaan al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Sima‘i dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an (BTA). Adapun kegiatan ini kendala-kendala yang di dapatkan ada pada faktor internal dan eksternalnya. Faktor internalnya siswa banyak belum mampu membaca al-Qur’an dan kurangnya kemauan siswa untuk berlatih membaca. Faktor eksternal orang tua siswa yang kurang perhatian untuk membimbing dalam melatih anak-anaknya di rumah. Dan adapun di akhir bab ditutup dengan kesimpulan dan saran-saran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Sima‘i dalam Pembelajaran BTA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 12:46
Last Modified: 20 Oct 2021 01:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28873

Actions (login required)

View Item View Item