Pengaruh Pemberian Latihan Beban Dengan Metode De Lorme Dan Metode Oxford Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Biceps Brachii

ASTRIWI, NIKEN and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, and , Sugiono S.Fis.MH.Kes (2014) Pengaruh Pemberian Latihan Beban Dengan Metode De Lorme Dan Metode Oxford Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Biceps Brachii. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (538kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (387kB)

Abstract

Latar belakang: olahraga adalah merupakan suatu kebutuhan bagi manusia, dianggap kebutuhan karena manusia adalah makhluk yang bergerak. Gerak yang ada pada tubuh manusia merupakan kuantinum dari tingkatan mikro sampai tingkatan makro yaitu tingkatan molukuler,sel,jaringan sistem organ dan individu. Kekuatan otot adalah kekuatan maksimum otot yang ditunjang oleh umur,jenis kelamin,jenis serabut otot,ukuran crossectional otot dan tipe kontraksi otot yang merupakan kekuatan untuk menahn beban maksimal disekitar aksis penggerak sendi siku untuk gerakan fleksi. Kekuatan otot dapat ditingkatkan dengan melakukan suatu latihan, latihan dapat dilakukan dengan menggunakan latihan weight training dengan latihan ini dapat terjadi penambahan jumlah sarkomer dan serabut otot dengan terbentuknya serabut-serabut otot yang baru kekuatan otot akan meningkat untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan otot Bicep brachii banyak teknik latihan yang dapat diberikan salah satunya adalah teknik isotonik pada latihan isotonik ada beberapa metode yang dapat digunakan diantaranya adalah metode De Lorme dan metode Oxford. Tujuan penelitian: untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian latihan beban dengan metode De Lorme dan metode Oxford terhadap peningkatan kekuatan otot Biceps brachii. Metode penelitian: dengan penelitian two groups pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah olahragawan beladiri cempaka putih. Total sample 40 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian: uji wilcoxon test menunjukkan hasil p= 0,0000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh pemberian latihan beban dengan metode De Lorme dan metode Oxford terhadap peningkatan kekuatan otot Biceps Brachii. Kesimpulan: pemberian latihan beban dengan metode De Lorme dan metode Oxford mampu meningkatkan kekuatan otot Biceps brachii.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: latihan beban,De Lorme dan Oxford, kekuatan otot Biceps Brachii
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 11:23
Last Modified: 09 May 2016 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28863

Actions (login required)

View Item View Item