Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Pekerjaan Ibu Yang Tidak Memberikan Asi Eksklusif Dengan Kejadian Diare Pada Bayi Di Kelurahan Kartasura Sukoharjo

Yuliana, Yuliana and , Sulastri, S.Kp., M.Kes and , Dewi Listyorini, S.Kep., Ns (2014) Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Pekerjaan Ibu Yang Tidak Memberikan Asi Eksklusif Dengan Kejadian Diare Pada Bayi Di Kelurahan Kartasura Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._Daftar_Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (213kB)

Abstract

Pemberian ASI (Air Susu Ibu) secara eksklusif adalah bayi hanya diberi ASI tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, air putih. Pemberian ASI menunjang kesehatan, pertumbuhan, perkembangan bayi secara optimal dan pemberian ASI juga dapat mencegah bayi mengalami kejadian diare. Namun pada kenyataannya masih ada ibu yang tidak memberikan ASI Eksklusif dengan kejadian diare pada bayi di Kelurahan Kartasuro Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan Cross sectional. Sampel penelitian adalah semua yang mempunyai bayi berumur 0-6 bulan yang tidak memberikan ASI Eksklusif yang bertempat tinggal di Kelurahan Kartasuro Sukoharjo yang berjumlah 69 Ibu, pengambilan sempel menggunakan Total sampling. Instrumen penelitian berupa kuisoner pengetahuan, sikap, pekerjaan ibu dan kejadian diare. Teknik analisis uji adalah Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukan : (1)Ada hubungan pengetahuan ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif dengan kejadian diare pada bayi di Kelurahan Kartasura Sukoharjo, semakin tinggi tingkat pengetahuan ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif semakin jarang bayi yang mengalami kejadian diare demikian sebaliknya, semakin rendah tingkat pengetahuan ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif semakin sering bayi yang mengalami kejadian diare. (2)Ada hubungan sikap ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif dengan kejadian diare pada bayi di Kelurahan Kartasura Sukoharjo, semakin baik sikap ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif semakin jarang bayi yang mengalami kejadian diare demikian sebaliknya semakin kurang sikap ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif semakin sering bayi yang mengalami kejadian diare. (3)Ada hubungan pekerjaan ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif dengan kejadian diare pada bayi di Kelurahan Kartasura Sukoharjo, semakin banyak ibu bekerja yang tidak memberikan ASI eksklusif semakin sering bayi yang mengalami kejadian diare, demikian sebaliknya semakin banyak ibu tidak bekerja yang tidak memberikan ASI eksklusif semakin jarang bayi yang mengalami kejadian diare. (4)Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan pengetahuan, sikap dan pekerjaan ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif dengan kejadian diare pada bayi di Kelurahan Kartasura Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Pekerjaan, ASI Eksklusif, Diare
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 11:02
Last Modified: 27 Apr 2016 11:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28862

Actions (login required)

View Item View Item