Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Negeri Kliwonan 3 Masaran Tahun Ajaran 2013/2014

Mawarni, Iga and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Negeri Kliwonan 3 Masaran Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN_NEW.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.Naskah_Publikasi_NEW.PDF

Download (741kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SD N 3 Kliwonan yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis permulaan yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM ≥70 pada setiap siklusnya. Sebelum dilaksanakan tindakan (prasiklus) nilai rata –rata kelas 58,66 dengan persentase ketuntasan sebesar 40%, siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata kelas 65,33 sebesar 60% dan pertemuan kedua nilai rata-rata kelas 73 dengan persentase ketuntasan sebesar 73,33%, siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata kelas 77,66 dengan persentase sebesar 80% dan pertemuan kedua nilai rata-rata kelas 85,66 dengan persentase sebesar 93,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode struktural analitik sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas I SD N 3 Kliwonan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SAS, kemampuan, menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Apr 2014 10:15
Last Modified: 19 Oct 2021 07:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28838

Actions (login required)

View Item View Item