Peningkatan Keterampilan Dan Keaktifan Berbicara Melalui Media Pembelajaran Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 Gebang Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2013/2014

Nurwiyati, Dyah (2014) Peningkatan Keterampilan Dan Keaktifan Berbicara Melalui Media Pembelajaran Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 Gebang Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (789kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (964kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan keaktifan berbicara melalui media pembelajaran kartu kuartet pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri 2 Gebang, Kendal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran bahasa Inggris dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Gebang, Kendal yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yang melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara yang meliputi: 1) Vocabulary (kosakata) sebelum tindakan 33,3% siswa yang terampil, siklus I 75% siswa, siklus II 87,5% siswa, 2) Grammar (tata bahasa) sebelum tindakan 16,6% siswa yang terampil, siklus I 45,8% siswa, siklus II 79,2% siswa, 3) Fluency (kelancaran) sebelum tindakan 20,8% siswa yang terampil, siklus I 41,7% siswa, siklus II 83,3% siswa, 4) Comprehention (pemahaman) sebelum tindakan 29,2% siswa, siklus I 62,5% siswa, siklus II 79,2% siswa, 5) Pronounciation (pengucapan) sebelum tindakan terdapat 20,8% siswa yang terampil, siklus I 45,8% siswa, siklus II 75% siswa. Aspek peningkatan keaktifan berbicara meliputi: 1) Aspek mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 33,3% siswa yang aktif, siklus I 50% siswa, siklus II 79,2% siswa, 2) Aspek mengemukakan pendapat sebelum tindakan 20,8% siswa yang aktif, pada siklus I 33,3% siswa, siklus II 79,2% siswa, 3) Keaktifan siswa dalam diskusi sebelum tindakan 37,5% siswa yang aktif, siklus I 70,8% siswa, siklus II meningkat 83,3% siswa. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang pada pra siklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 60, pada siklus I meningkat menjadi 74, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,3. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran kartu kuartet dapat meningkatkan keterampilan dan keaktifan berbicara pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri 2 Gebang Kabupaten Kendal tahun ajaran 3013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran kartu kuartet, keterampilan dan keaktifan berbicara siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Apr 2014 08:30
Last Modified: 28 Apr 2014 09:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28829

Actions (login required)

View Item View Item