Penerapan Metode Think Talk Write Sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Mangunrejo Tahun Ajaran 2013/2014

Sriyani, Sriyani and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Penerapan Metode Think Talk Write Sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Mangunrejo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
Halaman_dpn.pdf

Download (501kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS dengan menerapkan Metode Think Talk Write pada siswa Kelas V SD Negeri 02 Mangunrejo. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 02 Mangunrejo Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa putra dan 11 siswa putri. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penerapan Metode Think Talk Write untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Mangunrejo, Pulokulon, Grobogan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Peneitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan partisipasi dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar IPS. Pada saat pra siklus siswa yang aktif bertanya sebesar 30 %, siklus 1 sebesar 65 % dan siklus II sebesar 95 %. Siswa yang mengungkapkan pendapatnya pada prasiklus sebesar 20%, siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 95%. Siswa yang menjawab pertanyaan pada prasiklus adalah sebesar 25%, pada siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 95%. Siswa yang mempresentasikan materi ke depan kelas pada pra siklus sebesar 25%, siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 95%. Partisipasi belajar IPS pada siswa kelas V Prasiklus yaitu Partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah yaitu dengan prosentasi sebesar 75% (15 siswa), siklus I sebesar 35% (7 siswa) dan siklus II sebesar 10% ( 2 siswa). Sedangkan siswa yang memiliki Partisipasi yang tinggi pada pra siklus sebanyak 5 siswa (25%), siklus I sebanyak 13 siswa (65%) dan Siklus II meningkat menjadi 18 siswa (90%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Melalui Strategi Think Talk Write penggunaan dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS pada Siswa Keas V SD Negeri 02 Mangunrejo tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Srategi Pembelajaran Think Talk Write, Partisipasi belajar, Pembelaaran IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2014 07:30
Last Modified: 19 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28818

Actions (login required)

View Item View Item