Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD N 05 Sidoharjo, Wonogiri Tahun Ajaran 2013-2014

Arintika, Shinta and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Strategi Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD N 05 Sidoharjo, Wonogiri Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD N 05 Sidoharjo dengan mengunakan strategi pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N 05 Sidoharjo yang berjumlah 19, sedangkan obyek penelitian adalah keterampilan berbicara dan proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi Role Playing. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis dan mendeskripsikan data kualitatif berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan tahapan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi dan trianggulasi data. Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan tindakan (planning) , pelaksanaan tindakan (action), pengamatan tindakan (observation) dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada kondisi awal prosentase ketuntasan adalah sebesar 57,90% yang dicapai 11 siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73,68% yang dicapai 14 siswa dan siklus II sebesar 94,74% yang dicapai 19 siswa. Untuk prosentase prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 78,94% yang dicapai 14 siswa menjadi 89,47% yang dicapai 17 siswa pada siklus II. Dengan demikian dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan strategi Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD N 05 Sidoharjo Wonogiri tahun ajaran 2013-2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, Role Playing, bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2014 12:56
Last Modified: 16 Oct 2021 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28812

Actions (login required)

View Item View Item