Peningkatan Konsentrasi Belajar Dalam Pembelajaran PKN Melalui Penerapan Strategi Word Square Pada Siswa Kelas IIIa SD Al-Firdaus Surakarta Tahun 2013/2014

OCTANIATI, VIVI (2014) Peningkatan Konsentrasi Belajar Dalam Pembelajaran PKN Melalui Penerapan Strategi Word Square Pada Siswa Kelas IIIa SD Al-Firdaus Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
00_HAL_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
06_Daftar_pustaka.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
08_Naskah_Publikasi.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi word square. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru kelas IIIA dan siswa kelas IIIA SD Al Firdaus Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif menggunakan teknik alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar dengan presentase kenaikan kesiapan siswa dalam menerima informasi pada siklus II sebesar 86,67%. Konsentrasi siswa dalam menafsirkan informasi pada siklus II meningkat menjadi 93,33%. Konsentrasi siswa dalam merespon materi yang diajarkan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Konsentrasi siswa dalam mengemukakan pendapat pada siklus II meningkat menjadi 90%. Konsentrasi siswa dalam memperhatikan proses pembelajaran pada siklus II meningkat menjadi 93,33%. Tanggap terhadap instruksi dari guru pada pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Konsentrasi siswa mengenai partisipasi dalam proses pembelajaran pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti dengan peningkatan presentase ketuntasan siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM  75 dan nilai rata-rata kelas pada siklus II meningkat mejadi 80%. dan rata-rata kelas pada siklus II semakin meningkat menjadi 76,30. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi word square dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IIIA SD Al Firdaus Surakarta tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi, Belajar, Strategi, Word Square, pembelajaran, PKn.
Subjects: L Education > LA History of education
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2014 12:25
Last Modified: 25 Apr 2014 13:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28809

Actions (login required)

View Item View Item