Tinjauan Yuridis Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Hak Atas Tanah Milik Orang Lain (Studi Kasus Hak Tanggungan Di Unit Simpan Pinjam Swamitra KUD Banyudono Selatan)

Widayat, Retno (2014) Tinjauan Yuridis Perjanjian Kredit Dengan Jaminan Hak Atas Tanah Milik Orang Lain (Studi Kasus Hak Tanggungan Di Unit Simpan Pinjam Swamitra KUD Banyudono Selatan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adanya aturan hukum mengenai pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan dalam suatu perjanjian kredit bertujuan untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi semua pihak dalam memanfaatkan tanah beserta benda-benda yang berkaitan dengan tanah sebagai jaminan kredit. Dengan demikian, pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan hak atas tanah milik orang lain dalam kegiatan perbankan seharusnya dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah diatur dalam UUHT. Dalam hal ini penulis meneliti mengenai perjanjian kredit dengan jaminan hak atas tanah milik orang lain (studi kasus di Unit Simpan Pinjam KUD Banyudono Selatan), sedangkan permasalahan yang ditulis adalah mengenai tata cara pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan hak atas tanah milik orang lain di Unit Simpan Pinjam Swamitra KUD Banyudono Selatan, serta problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan Hak Tanggungan beserta upaya penyelesaiannya. Dari penelitian yang dilakukan di Unit Simpan Pinjam Swamitra KUD Banyudono Selatan diperoleh hasil mengenai tata cara pelaksanaan pemberian kredit dengan jaminan hak atas tanah milik orang lain meliputi pemberian kredit oleh Unit Simpan Pinjam Swamitra KUD Banyudono Selatan yang menimbulkan hak dan kewajiban antara kedua belah pihak (kreditur dan debitur), serta problematika yang dihadapi oleh Unit Simpan Pinjam Swamitra KUD Banyudono Selatan dan upaya penyelesaiannya. Problematika yang muncul adalah ketika debitur wanprestasi dan beralihnya obyek hak tanggungan karena jual beli, sewa-menyewa, pewarisan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut Unit Simpan Pinjam Swamitra KUD Banyudono Selatan yaitu dengan melakukan peneguran yang dilanjutkan dengan eksekusi dengan cara kekeluargaan karena tidak dibuatnya Akta Pembebanan Hak Tanggungan serta pendaftaran ke Kantor Pertanahan guna penerbitan Sertifikat Hak Tanggungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Kredit, Jaminan Hak Atas Tanah Milik Orang Lain
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 25 Apr 2014 12:10
Last Modified: 25 Apr 2014 13:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28806

Actions (login required)

View Item View Item