Penggunaan Strategi Modeling The Way Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Karangmojo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

PURWANTI, ARI and , Dra. Sri Hartini, S.H., M.Pd (2014) Penggunaan Strategi Modeling The Way Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Karangmojo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi Modeling The Way. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Karangmojo yang berjumlah 26 siswa. Guru sebagai subjek pelaku tindakan dan siswa sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun instrumen dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar wawancara, RPP, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis penelitian yaitu: strategi pembelajaran Modeling The Way dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 03 Karangmojo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat yaitu sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa yang mencapai KKM hanya sebesar 23,07%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 73,07%, dan diakhir tindakan pada siklus II hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebesar 88,46%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Modeling The Way dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Strategi Modeling The Way
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2014 11:44
Last Modified: 19 Oct 2021 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28803

Actions (login required)

View Item View Item