Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum sactum L) 4% Sebagai Obat Kumur Terhadap pH Saliva Di Panti Asuhan Yatim Yayasan Nur Hidayah Surakarta 2014

Agnes, Jesica and , drg. Mahmud Kholifa, MDSc and , drg. Nilasary Rochmanita S, MDSc (2014) Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum sactum L) 4% Sebagai Obat Kumur Terhadap pH Saliva Di Panti Asuhan Yatim Yayasan Nur Hidayah Surakarta 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_jesi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_jesi.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saliva mempunyai peran penting dalam kesehatan jaringan lunak dan keras pada gigi.Laju aliran saliva yang rendah adalah salah satu indikator terkuat dalam peningkatan resiko karies. Saliva berfungsi mengatur pH (kadar keasamaan) dari mulut karena mengandung asam karbonat-bikarbonat, fosfat, urea dan amonia yang dapat digunakan sebagai penyangga dan menetralkan penurunan pH yang terjadi pada saat bakteri plak memetabolisme gula. Penurunan pH mulut di bawah 5,0-5,5 akan menyebabkan proses demineralisasi pada gigi. Pencegahan penurunan pH saliva dapat dilakukan secara kimiawi. Larutan ekstrak etanol daun kemangi (Ocimum sactum L) 4% sebagai obat kumur terdapat fitokemikal yang mampu meningkatkan sekresi saliva dan meningkatkan derajat keasaman rongga mulut. Penelitian ini bertujuan untukmenguji kemampuan ekstrak etanol daun kemangi (Ocimum sactum L) 4% sebagai obat kumur terhadap pH saliva untuk mencegah terjadinya karies pada gigi. Penelitian uji klinis dengan rancangan one group pretest-post test. Sampel sebanyak 31orang warga panti asuhan Yayasan Nur Hidayah Kota Surakarta dengan pemberian larutan ekstrak etanol daun kemangi 4%. pH saliva diukur menggunakan pH meter digital skala 0,0-14,0 dengan sensitivitas 0,01 dari senseLine F 410. Uji Paired samples T test menghasilkan nilai signifikansi P = 0,000. Terdapat perbedaan bermakna (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pH saliva sesudah berkumur dengan ekstrak etanol tersebut efektif dalam menaikkan pH mulut secara nyata.Berkumur larutan ekstrak etanol daun kemangi (Ocimum sactum L) 4% dapat meningkatkan pH saliva.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Larutan ekstrak etanol daun kemangi, Larutan kumur ekstrak etanol daun kemangi, pH saliva
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2014 08:23
Last Modified: 20 Oct 2021 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28802

Actions (login required)

View Item View Item