Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Keluarga Dalam Memberikan Perawatan Pada Penderita Asma Di Desa Sruni Musuk Boyolali

WINANGSIT, ARTA and , Arina Maliya, S.Kep., M.Si. Med and , Sahuri Teguh K, S.Kep., Ns (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Keluarga Dalam Memberikan Perawatan Pada Penderita Asma Di Desa Sruni Musuk Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftyar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (632kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap perubahan tingkat pengetahuan dan sikap keluarga dalam memberikan Perwatan pada Penderita Asma di Desa Sruni, Kabupaten Boyolali.Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi keluarga di Desa Sruni, Kabupaten Boyolali untuk menambah wawasan tentang pendidikan dan perwatan penyakit asma itu sendiri dan bagi Institusi Pendidikan Khususnya Mahasiswa untuk menambah informasi bagi mahasiswa agar dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi Eksperimental design ,dengan rancangan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga penderita asma yang tinggal di Desa Sruni dengan jumlah populasi 52 orang.Teknik sampling yang digunakan adalah proposional random sampling, sehingga diperoleh 44 penderitaAsma yang memeriksakan di Puskesmas Musuk Kabupaten Boyolali sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Tingkat pengetahuan keluarga dalam memberikan perawatan pada penderita asma sebelum dan sesudah mendapatkan pendidikan kesehatan kebanyakan mempunyai tingkat pengetahuan baik; 2) Sikap keluarga dalam memberikan perawatan pada penderita asma sebelum mendapatkan pendidikan kesehatan kebanyakan mempunyai sikap cukup dan sesudah mendapatkan pendidikan kesehatan kebanyakan mempunyai sikap baik; 3) Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan kesehatan dan sikap keluarga dalam memberikan perawatan pada penderita asma di Desa Sruni, Musuk, Boyolali; dan 4) Tidak terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap keluarga dalam memberikan perawatan pada penderita asma di Desa Sruni, Musuk, Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, pendidikan kesehatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2014 07:21
Last Modified: 31 May 2016 03:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28796

Actions (login required)

View Item View Item