Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun Terhadap Pengetahuan Ibu Di Desa Sambon Banyudono Boyolali

WAHYU P., ROSIANA and , Siti Arifah, SKp.,M.Kes and , Dewi Suryandari, S.Kep., Ns (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun Terhadap Pengetahuan Ibu Di Desa Sambon Banyudono Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (553kB)

Abstract

Toilet training adalah suatu usaha melakukan latihan buang air besar dan buang air kecil. Toilet training dapat dilakukan pada anak usia 1-3 tahun. Faktor yang mempengaruhi toilet training adalah kesiapan anak dan kesiapan orang tua. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di Posyandu Desa Sambon Boyolali dengan cara wawancara terdapat 20 ibu hasil wawancara dengan ibu yang memiliki anak usia 1-3 tahun didapatkan hasil 15 orang ibu belum mengajari anaknya untuk latihan toilet training dan belum mengerti dan memahami tentang toilet training dan melatih toilet training pada anaknya. 5 orang ibu sudah mengajarkan latihan toilet training pada anaknya tetapi masih belum tahu cara mengajarkan toilet training dengan benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang toilet training terhadap pengetahuan ibu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan pra-eksperimen design dengan jenis rancangan terdiri dari pretest-postest. Sampel yang digunakan berjumlah 50 responden dengan kriteria inklusi ibu mempunyai anak usia 1-3 tahun, ibu mau menjadi responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan cara mengundi ( Lottery Technique) atau teknik undian sehingga memudahkan dalam pengambilan sampel. Uji yang digunakan adalah dengan uji t-test. Hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh signifikan pendidikan kesehatan tentang toilet training anak usia 1-3 tahun terhadap pengetahuan ibu di desa Sambon Banyudono Boyolali (p = 0,000 < 0,05) dengan nilai rata-rata tingkat pengetahuan sebelum mendapatkan pendidikan kesehatan tentang toilet training anak usia 1-3 tahun sebesar 14,12 yang nilainya lebih kecil dari tingkat pengetahuan sesudah mendapatkan pendidikan kesehatan tentang toilet training anak usia 1-3 tahun yaitu sebesar 16,48. Kesimpulan : ada pengaruh signifikan pendidikan kesehatan tentang toilet training anak usia 1-3 tahun terhadap pengetahuan ibu di desa Sambon Banyudono Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan kesehatan, Pengetahuan, Toilet Training
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2014 07:12
Last Modified: 27 Apr 2016 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28795

Actions (login required)

View Item View Item