Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Jatuh Dengan Motivasi Mencegah Jatuh Pada Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo

KURNIAWAN, IRFAN and , Agus Sudaryanto, S.Kep., Ns., M.Kes (2014) Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Jatuh Dengan Motivasi Mencegah Jatuh Pada Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jatuh merupakan salah satu isu utama untuk masalah kesehatan lanjut usia. Lanjut usia harus memiliki pengetahuan tentang jatuh serta intervensi pencegahan jatuh yang tepat. Jatuh adalah kejadian yang tidak disadari oleh seseorang yang terduduk di tempat yang lebih rendah tanpa disebabkan oleh hilangnya kesadaran, storke, atau kekuatan yang berlebih.Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pengetahuan tentang jatuh dengan motivasi mencegah jatuh pada lanut usia di wilayah kerja Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini kuantitatif bersifat deskriptif korelatif menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah lanjut usia yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 6.804 lanjut usia. Sampel penelitian adalah lanjut usia yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo sebanyak 99 lanjut usia, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuiesoner yang dipakai adalah kuiesoner pengetahuan tentang jatuh dan kuiesoner motivasi mencegah jauh. Analisa deskriptif dilakukan distribusi frekuensi dan prosentase, sedangkan analitik dilakukan menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan lanjut uisa terendah pada kategori baik (28%) dan persentase motivasi terendah ada pada kategori rendah (27,1%). Berdasarkan distribusi tabulasi silang antara tingkat pengetahuan tetnang jatuh dengan motivasi mencegah jatuh, didapatkan bahwa mayoritas responden memiliki pengetahuan tentang jatuh dalam kategori cukup dengan motivasi sedang(22,2%), yaitu sebanyak 22 lanjut usia. Uji chi-square menunjukan bahwa p= 0.21 (p<0,05). Kesimpulannya adalah Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang jatuh denan motivasi mencegah jatuh pada lanjut usia di wilayah Kerja Puskesmas Baki, Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Motivasi, Jatuh dan Pencegahannya, Lanjut usia
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2014 06:37
Last Modified: 14 Oct 2021 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28792

Actions (login required)

View Item View Item