Penerapan Strategi Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Lobang 02 Limpung Batang Tahun Ajaran 2013/2014

Haryuda, Laksana (2014) Penerapan Strategi Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Lobang 02 Limpung Batang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf

Download (380kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui penerapan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri Lobang 02 dengan jumlah siswa sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, beberan (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca intensif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang didukung dan dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan membaca intensif siswa pada pra siklus yang menunjukkan bahwa dari jumlah seluruh siswa kelas IV sebanyak 12 siswa, siswa yang memiliki keterampilan membaca intensif dengan keterangan tinggi sebanyak 3 siswa (25.00%), pada siklus I sebanyak 6 siswa (50.00%), pada siklus II sebanyak 9 siswa (75.00%), dan pada siklus III sebanyak 11 siswa (91.67%). Hasil belajar siswa sebagai data pendukung meningkatnya keterampilan membaca intensif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran pada pra siklus yang menunjukkan bahwa dari jumlah seluruh siswa kelas IV sebanyak 12 siswa, siswa yang berhasil mencapai KKM (≥70) sebanyak 4 siswa (33.33%), pada siklus I sebanyak 8 siswa (66.67%), pada siklus II sebanyak 10 siswa (83.33%), dan ada siklus III sebanyak 12 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lobang 02 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Membaca, Intensif, CIRC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Apr 2014 09:12
Last Modified: 24 Apr 2014 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28784

Actions (login required)

View Item View Item