Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Kelas V Semester Ii Di Sdn 2 Cingkrong Purwodadi Grobogan

HASANAH, ULYA and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, M.Pd (2014) Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Datar Kelas V Semester Ii Di Sdn 2 Cingkrong Purwodadi Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (592kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas 5 SDN 2 Cingkrong Purwodadi Grobogan melalui penerapan metode Jigsaw.Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V dalam pembelajaran. Indikator pemahaman konsep antara lain: serius mempelajari materi, ketepatan menjawab pertanyaan dan aktif bertanya. Pada setiap tindakan pemahaman siswa selalu mengalami peningkatan, begitu juga dengan hasil belajar siswa. Apabila pemahaman siswa meningkat maka akan berpengaruh pada hasil belajar. Pada siklus I, pemahaman dan hasil belajar siswa belum mencapai hasil yang diharapkan, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, pemahaman dan hasil belajar siswa sudah mencapai hasil yang diharapkan yaitu 85 % dari jumlah siswa telah mencapai KKM 63. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika bangun datar kelas v semester II di SDN 2 Cingkrong Purwodadi Grobogan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Belajar, Bangun Datar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 22 Apr 2014 12:10
Last Modified: 19 Oct 2021 05:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28760

Actions (login required)

View Item View Item