Penerapan Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jakenan Pati

Nurfidasari, Alisa Dinar and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Penerapan Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jakenan Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (693kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (618kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Jakenan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi pembelajaran Inside-Outside Circle. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas V. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara dan strategi Inside-Outside Circle. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa, hal ini dibuktikan bahwa siswa yang mempunyai keterampilan berbicara rendah sebanyak 4 siswa (20%). Siswa yang memiliki keterampilan berbicara tinggi sebanyak 16 siswa (80%). Ketepatan ucapan siswa dalam menyampaikan kata sebanyak 17 siswa (85%). Ketepatan siswa dalam memilih kata-kata sebanyak 16 siswa (80%). Kelancaran siswa berbicara di depan kelas sebanyak 16 siswa (80%). Kesesuaian dengan materi sebanyak 18 siswa (90%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah strategi Inside-Outside Circle dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Jakenan Pati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Inside-Outside Circle, keterampilan berbicara siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2014 09:43
Last Modified: 19 Oct 2021 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28754

Actions (login required)

View Item View Item