Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Partisipasi Aktif Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDIT MTA Matesih, Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

Setiyowati, Eni and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Partisipasi Aktif Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDIT MTA Matesih, Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (896kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar IPA, (2) pengaruh partisipasi aktif siswa terhadap prestasi belajar IPA, (3) interaksi antara kecerdasan Intrapersonal dan partisipasiaktif terhadap prestasi belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDIT MTA Matesih, Karanganyar, yang berjumlah 55 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa yang yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data kecerdasan intrapersonal dan data partisipasi aktif dan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar IPA semester ganjil kelas IV tahun ajaran 2013/2014. Instrumen diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Dilanjutkan dengan uji prasyarat analisis yang meliputi uji Normalitas, uji linieritas, dan uji multikoliniritas.Teknik analisis data menggunakan uji analsis regresi ganda, uji t, uji f, mencari koefisien determinasi, sumbangan efektif dan sumbangan relative masing-masing variabel. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh bahwa : (1) ada pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar IPA dengan thitung =2,148, (2) ada pengaruh partisipasi aktif terhadap prestasi belajar IPA dengan thitung = 2,115, (3) dan ada pengaruh secara bersama-sama antara kecerdasan intrapersonal dan partisipasi aktif terhadap prestasi belajar IPA denganFhitung = 14,1. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa harga koefisien determinasi adalah 0,23 atau 23%. Artinya Sumbangan variabel kecerdasarn intrapersonal dan partisipasi aktif terhadap naik turunnya prestasi belajar mata pelajaran IPA adalah sebesar 0,23 atau 23%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan intrapersonal, partisipasi aktif dan prestasi belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2014 08:42
Last Modified: 19 Oct 2021 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28749

Actions (login required)

View Item View Item