PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN WARNET “AURORA” PABELAN KARTASURA SURAKARTA

Correia , Muslimin (2009) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN WARNET “AURORA” PABELAN KARTASURA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050324.pdf

Download (27kB)
[img] PDF
B100050324.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

Banyak orang beranggapan bahwa dalam perilaku kehidupan sehari-hari pelayanan hanya berlaku bagi orang yang tingkat kedudukannya lebih rendah kepada tingkat kedudukan yang lebih tinggi. Tetapi dalam kehidupan suatu organisasi, terutama organisasi bisnis faktor pelayanan tidak demikian halnya. Justru pelayanan merupakan faktor utama yang harus ditanamkan sebagai suatu kebiasaan dalam berfikir dan berperilaku dengan tujuan akhirnya adalah mewujudkan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen Warnet “AURORA” Pabelan Kartasura Surakarta. Pengambilan data tentang kualitas pelayanan yang mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen Warnet “AURORA” dilaksanakan dengan membagikan kuisioner kepada 50 orang responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Metode pengambilan sampel menggunakan proporsional sampling, dimana konsumen diketahui berdasarkan seberapa sering berkunjung ke Warnet “AURORA”. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi parsial (uji t), analisis regresi bersama-sama (uji F) dan analisis koefisien determinasi majemuk(R2). Berdasarkan hasil analisis regresi berganda nilai koefisien regresi menunjukkan pengaruh positif dari atribut kualitas pelayanan yaitu Reliability (0,357), Responsiveness (0,337), Empaty (0,388), Tangible (0,409) dan Assurance (0,256) terhadap kepuasan konsumen Warnet “AURORA” Pabelan Kartasura Surakarta. Berdasarkan hasil analisis regresi parsial (uji t), menunjukkan pengaruh posiif dari atribut kualitas pelayanan yaitu t hitung Reliability (2,655), t hitung Responsiveness (2,925), t hitung Empaty (2,919), t hitung Tangible (3,032), dan t hitung Assurance (2,211) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen Warnet “AURORA” Pabelan Kartasura Surakarta dimana t hitung atribut tersebut lebih besar dari t tabel, (1,676). Berdasarkan hasil analisis regresi bersama-sama (uji F), menunjukkan F hitung lebih besar dari F tabel (10,404 > 2,40). Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2), menunjukkan angka 0,542 atau 54,20 %. berarti masih terdapat variabel lain di luar penelitian sebesar 100 % - 54,20 % = 45,80 % yang mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen Warnet “AURORA”. Saran yang dapat disampaikan bahwa Warnet ‘AURORA” Pabelan Kartasura Surakarta sebaiknya menigkatkan kualitas pelayanan secara umum dan khususnya penigkatan pada variabel penampilan fisik, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumennya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 19 Jun 2009 07:31
Last Modified: 16 Nov 2010 19:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item