Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Biologi Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014

Candrawati, Rita and , Drs. Sumanto (2014) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Biologi Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (596kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (228kB)

Abstract

Metode Index Card Match adalah Penggunaan metode dengan cara membuat potongan kertas berisi pemberitahuan atau materi pembelajaran berupa pertanyaan dan jawaban yang terdiri dari satu, dua atau lebih. Siswa diharuskan mencari pasangan jawaban dari soal yang dibagikan secara acak.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Biologi pada materi Ekosistem pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 melalui metode pembelajaran Index Card Match. sebelum diberikan tindakan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode ceramah. tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran strategi Index Card Match. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Colomadu yang berjumlah 34 siswa. pengumpulan data menggunakan metode observasi , wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 75%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Colomadu ,dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator yaitu aktif dalam menjawab pertanyaan dengan benar siklus I 58,82% dan siklus II menjadi 85,29% mengalami kenaikan sebesar 26,47%, aktif dalam mendengarkan diskusi siklus I 64,70% dan siklus II menjadi 76,47% mengalami kenaikan 11,77%, aktif dalam membuat rangkuman siklus I 64,70% dan siklus II menjadi 79,41% mengalami kenaikan 14,71%,indikator aktif dalam berpresentasi siklus I 73,53% dan siklus II menjadi 82,35% mengalami kenaikan 8,82%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran biologi dengan menggunakan strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran biologi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, strategi Index card match, aspek afektif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2014 13:10
Last Modified: 18 Oct 2021 11:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28739

Actions (login required)

View Item View Item